Jumat, 13 Januari 2017

Minimalist Photography dan Tips Menciptakan Foto Minimalis


 Apa Sih Minimalist Photography Itu? 


Minimalist Photography adalah tentang kesederhanaan subjek sebagai elemen terpenting didalam frame. Terdengar sedikit aneh memang, tetapi pada kenyataannya dengan memasukkan ruang kosong dalam porsi yang besar ke dalam sebuah gambar kamu dapat memberi perhatian yang sepantasnya kepada subjek di dalam foto, meskipun ia berukuran sangat kecil di dalam frame.


Kesederhanaan adalah kunci utama untuk menghasilkan sebuah foto minimalis yang luar biasa.

Justru kekurangan adalah kelebihan dalam photography ini. Subjek sendiri diruang kosong yang besar, garis yang sederhana, ruang kosong, pola geometris, warna kontras, itu semua adalah beberapa bagian dalam mengambil foto minimalis.


Walaupun terdengar mudah dalam mengambil foto minimalis yang bagus, terkadang dapat lebih sulit dari apa yang kamu bayangkan. Mencari sudut, subjek, dan komposisi yang tepat akan dapat memakan waktu dan bereksperimen. Tetapi saat kamu tahu tehnik dalam pengambilan foto untuk minimalis, hasilnya akan luar biasa.

Apa sih yang akan membuat Subjek Minimalis menjadi bagus?
Objek sebenarnya lebih tergantung pada lingkungan yang mengelili subjek tersebut. Tujuan dari minimalist photography adalah untk mengisolasi subjek utama mu, dan hal ini biasanya dilakukan dengan memastikan bahwa sang subjek memiliki banyak sekali ruang kosong di sekitarnya. 

oke kita langsung lanjut ke 6 tips menciptakan foto minimalis 
1.      Memotret Ke Arah Background Yang Polos
Di frame ini tidak menginginkan adanya objek yang menganggu atau pola yang bersaing dalam meraih perhatian dengan subjek utama.

2.      Memotret Warna Yang Kontras

warna dari subjek mu merupakan warna yang kontras jika dibandingkan dengan warna dari negative space, sehingga subjek tersebut tampak terisolasi dari background. Dua warna yang kontras adalah cara yang bagus dalam menciptakan foto minimalist yang keren. 


Teknik ini adalah sebuah jalan yang mudah untuk memperkuat ‘point of interest’ mu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memutuskan apa yang ingin kamu potret dan warna apa yang kamu inginkan di dalam gambar.


3.      Gunakan Hanya Sebagian Dari Subjek Mu

Untuk foto mimimalist yang menciptakan kesan misteri, kamu mungkin ingin untuk bereksperimen dengan hanya memasukkan sebagian kecil dari subjek mu di dalam frame. Semakin banyak negative space yang ada, dan semakin sedikit positive space yang terlihat, akan semakin besar misteri yang ada.


Pastikan saja kamu memiliki background polos seperti dinding, lapangan, atau langit di belakang mereka. 


4.      Ciptakan Siluet

Jika kamu memotret sebuah objek dengan menghadap langit terang, kamu akan dapat menciptakan siluet yang paling indah dan misterius.

  

5.      Memotret Garis dan Pola

Seperti biasanya, pastikan kamu memiliki background polos yang berfungsi sebagai negative space di dalam gambar mu.


6.      Gunakan Komposisi Fifty-Fifty

Daripada selalu menggunakan negative space, kamu juga dapat bereksperimen dengan komposisi fifty-fifty. Secara umum hal ini berarti membagi gambar mu menjadi dua bagian, dengan 50% negative space dan 50% positive space.



-FAA-
Photo hasil foto sendiri dan  koleksi pribadi 


0 komentar:

Posting Komentar